[RESEP] CHURROS

Lagi mudik, anak-anak yang gragasan ini kehabisan cemilan. Kemarin Ema (neneknya anak-anak, ibu saya) beliin bala-bala & getuk, mereka lahap banget, rencananya hari ini mau bikin brownies, tapi karena bahan brownies yang dikirim Baba ke kantor ayahnya anak-anak (adik saya) ketinggalan dikantornya, jadi harus puter otak bikin cemilan lain.

  • Tadinya sih mau bikin bolu aja, tapi males ngeluarin mixer.
  • Mau bikin pastel, gak ada wortel sama kentang (maklum dikampung, tukang sayur jualannya gak selalu lengkap dan kami jauh dari pasar)
  • Bikin soes males nunggu mateng pas manggangnya, lamaa, keburu drama si Bebi 😓
  • Ok, yang mirip soes aja: CHURROS

Bikinnya gampang banget, saya bikin bisa sambil gendong Bebi (dibelakang pake ergo) bahannya mudah didapat, MURAH, gak banyak cucian piring (cuma panci, centong, sendok dan spuit) tanpa mixer, tanpa bahan pengembang.

Saya pakai resep teh Ricke, bikin 2 resep soalnya banyak yang makannya (2 resep artinya semua bahan dikali 2)  Ok, cuss bikin, ini resepnya ya⤵

CHURROS

By Ricke Indriani

Recook and modified by Eksa Irawaty

Bahan:

  • 250 ml air (saya 525ml biar adonannya lebih lembek, karena dulu pernah bikin sesuai resep jadinya susah dispuit)
  • 50 gram butter/margarin (saya pake 100 gram margarin. Kalo gak punya margarin atau mentega bisa pake minyak sayur, tetep dididhkan ya. Tapi soal rasa ya gak seenak pake margarin/mentega, full mentega yang paling enak. Iyalah 😀)
  • 1 sdm gula pasir (1½ sdm gula)
  • 1/4 sdt garam (1 sdt garam)
  • 150 gram terigu protein sedang/all purpose flour, ayak (saya pake 300 gram terigu curah)
  • 1/4 sdt vanilla (skip, dikampung susah nyari vanila)
  • 1 butir telur ukuran besar (saya pake 4 butir telur ukuran besar)
  • Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng churros

Bahan taburan: (skip, langsung dimakan begitu saja)

  • 4 sdm gula pasir halus (gula kastor)
  • 1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara Membuat:

  1. Masak air, butter/margarin/minyak sayur, gula dan garam hingga mendidih dan butter/margarin meleleh. Matikan api. Masukkan terigu yang sudah diayak dan vanilla. Aduk cepat. Nyalakan kembali api kecil, aduk-aduk hingga adonan licin dan kalis (tidak menempel di panci). Angkat. Biarkan sampai agak hangat.
  2. Masukkan telur, aduk rata dengan menggunakan sendok kayu. Adonan akhir adalah adonan yang lengket tapi tidak terlalu lembek seperti adonan kue sus. Bila adonan terasa masih agak susah dispuit, tambahkan telurnya, karena ukuran telur berbeda-beda.
  3. Masukkan adonan ke dalam piping bag/kantong segitiga hingga adonan habis. Gunting ujungnya lalu masukkan lagi ke dalam piping bag/kantong segitiga yang sudah diberi spuit bintang ukuran besar.
  4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, spuitkan adonan ke dalam minyak goreng sepanjang 10 cm atau sesuai selera. Goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 
  5. Tunggu sampai agak hangat, baru balut dengan bahan taburan. 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s