[RESEP] CEKER MERCON


Sebenernya beberapa hari lalu mau post resep ceker mercon, eh pas udah mau beres malah kehapus, nasiibbbb 😞
Ini makanan yang sukses bikin saya nambah nasi (tapi sayangnya gak nambah berat badan) digadoin gitu aja juga enak, soalnya gak terlalu pedes (keliatan sangar karena penggunaan cabe merah)

Yang mau coba ceker mercon ala saya, bisa diintip resepnya ⤵

Ceker Mercon ala Bubu Echa

Bahan:

  • ±250 gram ceker
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang sereh, keprek
  • 6 lembar daun jeruk (saya suka pake lebih banyak, wangii)
  • 1 ruas jahe, keprek
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Kaldu bubuk (saya pakai kaldu bubuk dari kepala dan kulit udang, hasil bikinan sendiri)
  • ½-1 sdm kecap, biar warnanya merah tua dan ada semburat manis.
  • 1 buah jeruk nipis
  • Garam krosok (garam kasar) kalo ada
  • Minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus:

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah besar (banyaknya cabe tergantung selera, boleh campur cabe rawit kalo suka)

Cara Membuatnya:

  1. Cuci bersih ceker, lumuri dengan air jeruk nipis, tabur garam krosok. Diamkan ±15 menit, cuci lagi.
  2. Rebus ceker ±5 menit (5 menit itu dari sejak mendidih ya) buang airnya, bilas sampai bekas darah yang mengapung keluar panci semua. Isi air lagi pancinya, masukksn ceker dan jahe, rebus sampai lunak. Saya pakai presto maxim, sampe empuknya lunak (lunak tapi gak hancur) 20-30 menit
  3. Haluskan bumbu. Saya sih pake blender, airnya pake kaldu rebusan ceker biar gurih alami
  4. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun dalam, daun jeruk, sereh, aduk sebentar
  5. Masukkan ceker, garam, kecap, garam, merica, tambahkan kaldu rebusan ceker 1-2 sendok sayur, tutup sampai bumbu meresap dan kuah mengental.
  6. Koreksi rasa.
  7. Kalo rasa udah pas, angkat dan siap DISANGUAN 😀

Note: 

  • Resep ini menghasilkan ceker mercon yang lumayan banyak bumbunya, kalo mau lebih minimalis bumbu, tambahin aja cekernya dengan takaran bumbu yang sama.
  • Mau bikin setengah kilo ceker mercon? Kalikan 2 semua bumbunya.
  • Kalo masakan ‘normal’ yang ada bawang merah dan bawang putihnya, biasanya saya pakai perbandingan bawang putih dan bawang merah 1:2, kalo bawang putihnya 2 siung, berarti bawang merahnya 4 siung (dengan besar yang sama ya…) Tapi takaran ini tidak berlaku untuk masakan yang dominan rasa bawang putihnya
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s