[RESEP] EGGLESS FLUFFY DONUT

Setiap hari Bebe selalu ditanya “Besok mau bekal apa?” Maksudnya biar saya gak grasah grusuh, bahan-bahan disiapkan malam sebelumnya dan kalo ternyata gak memungkinkan karena bahannya kurang bisa nego bekal lain yang sesuai sama stoj dirumah.

Kemarin Bebe minta bekal donat, saya iya iya aja karena bahan-bahannya standar dan selalu ada stok dirumah. Semalam saya baru sadar belum beli telur (padahal telur itu stok wajib yang gak boleh kosong) tapi karena dari siang hujan gak sempet beli. Pagi-pagi mempertimbangkan buat nego bikin bekal lain, tapi saya coba cari dulu resep yang tanpa telur dan ketemu! #narinari

Beberapa kali coba resep mbak Rani Fadilla dan hasilnya ok, jadi gak ada salahnya saya coba juga yang ini, ternyata ok lho. Kalo mau buat juga, resep saya catat dibawah ini ya ⤵

EGGLESS FLUFFY DONUT

Recipe: Rani Fadilla

Reccok: Eksa Irawaty

Bahan 1 :

  • 250 gr tepung protein sedang (segitiga biru)
  • 1/2 sdt garam
  • 25 gr mentega/margarine

Bahan 2 (biang) :

  • 180 ml susu cair hangat
  • 25 gr gula pasir
  • 1 sdt ragi instan

Cara membuatnya:

  1. Campur bahan 2 (biang) jadi satu, aduk rata. Diamkan sampai biang mengembang & berbusa
  2. Campur tepung + larutan biang, aduk rata sampai setengah kalis (versi saya: dimixer selama 2-3 menit)
  3. Tambahkan garam + mentega, aduk rata. Uleni sampai kalis elastis & mulus (versi saya: saya mixer lagi selama 5-10 menit sampai kalis elastis)
  4. Bulatkan (versi saya: bulatkan, beri minyak sedikit untuk melapisi bagian luar adonan agar tidak kering)
  5. Proofing adonan sambil ditutup selama 30-60 menit sampai mengembang 2x (versi saya: biar cepat, saya simpan baskom berisi adonan diatas rice cooker) 
  6. Kempeskan adonan, uleni kira-kira 10-15menit sampai lentur kembali. Cetak adonan. Diamkan kurang lebih 20 menit (versi saya: kempeskan, lempar & banting adonan beberapa kali, cetak. Adonan yang sudah dicetak disimpan diloyang, taruh loyang diatas rice cooker agar proofingnya cepat) 
  7. Di 5 menit terakhir fermentasi kedua, panaskan minyak yang banyak dengan api kecil-sedang
  8. Goreng donat dengan hanya 1x balik setelah satu sisi berwarna keemasan. Angkat, tiriskan. Hias donat setelah sejuk. 
    Leave a Reply

    