[RESEP] PUDING ROTI

Kemarin Bebi demam, rewel banget sampe Bubu gak bisa ngapa-ngapain, termasuk makan. Biasanya suka punya cemilan padat yang dinggal hap sambil lewat meja makan, tapi kemarin bener-bener ga punya apa-apa kecuali makanan lauk atau biskuit, akhirnya skip makan siang dan baru makan jam 8.30 malam setelah Bebi rada jag-jag dan mau dipegang Baba.

Puding roti ini sebenernya dibuat sore hari sambil gendong Bebi. Kebayang kan bikin ini gampang banget, bahkan bisa dibuat saat anak rewel sekalipun.

Saya pake resepnya Dapur Jidah gara-gara liat postingan di fb beliau, berikut ini resepnya

Puding Roti by Jidah Farida Yamani

Recook & modified by Eksa Irawaty

Bahan-bahan:

1 bungkus roti tawar ± 14 potong (saya pakai 13 lembar roti merk Cihanjuang yang besar dan padat, seperti roti home made)

200 gram gula pasir (saya tidak terlalu suka manis, pakai 180 gram)

2 butir telur 

350 ml susu cair (karena rotinya padat, saya pakai ±700 ml UHT untuk mendapatkan tekstur seperti bubur kental)

50 gram mentega, lelehkan

1/2 sdt garam

1/4 sdt vanili (saya pakai 1 sdm ekstrak vanila, yang halal tentunya, hasilnya wangiii)

1 butir kelapa muda dikeruk tipis dagingnya (saya gak pake, suami dititip suruh beli malah lupa, padahal kayaknya enak banget kalo pake kelapa muda, ok.buat percobaan selanjutnya)

50 gram kismis

keju parut buat taburan, optional (saya pakai 100-120 gram keju parut, untuk taburan dan dicampur ke adonan)

Caranya Membuat: 

  1. Rendam roti dalam susu cair sampai lunak
  2. Masukkan mentega yang telah dilelehkan
  3. Kocok gula, telur, garam, dan vanili (saya cuma ngocok pake whisk dipanci bekas melelehkan mentega, biar gak banyak cucian piring 😀) lalu campurkan kedalam adonan roti
  4. Terakhir masukkan kelapa muda, aduk rata.
  5. Masukkan kedalam loyang yang tekah dioles margarin. Loyamgnya bebas aja mau pake loyang kue, pyrex atau cup cake.
  6. Panggang dalam suhu 170°C selama ±30 menit

Note: 

  • Tekstur adonannya seperti bubur kental, jadi takaran susu bisa ditambah atau dikurang.
  • 1 resep ini lumayan banyak, kalo buat sendiri/berdua bisa coba ½ resep dulu.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s