[RESEP] PUTRI SALJU KEJU

Lebaran tahun ini tanpa acara bikin kue kering, soalnya Bebi baru 2 bulan dan adik saya juga baru melahirkan 2 minggu, ga mungkin banget deh ditinggal, riweuh.

Kue kering kami ga ada yang sampe hari lebaran, karena anak-anak doyan banget jadi keburu abis. Tadinya sih mau maksain bikin, udah nyiapin bahan segala, tapi haduuuh ga sanggup sama rempongnya.

Salah satu kue kering kesukaan Bebe putri salju, sempet mau beli lagi buat nambah stok dirumah, tapi ga dapet kue yang enak, malah ada yang aromanya aneh, kayak yang mengandung bahan tambahan, padahal kuer kering itu ga ditambah apa-apa juha udah enak, asal bahannya bagus.

Setelah pulang ke Bandung, rencana saya bikin kue putri salju atau kaastangels buat Bebe, kenapa ga beli aja? Di Bandung banyak sih produsen kuker enak, tapi mahal (emak-emak irit hihihi)

Minggu kedua akhirnya rumah agak beres dan mulai terbiasa jadi ibu 2 anak (sebelumnya kan banyak dibantu Mamah) liat bahan yang ada saya outuskan bikin putri salju aja, tapi karena ga punya mete (adanya keju) cari resep putri saju keju, nemu resepnya di Catatan Nina

Tapi rencana tinggal rencana, setelah adonan dibuat banyaak banget halangannya, adonan pun nangkring di freezer lebih dari seminggu, bolak balik dikeluarin, pas mau dicetak ada halangan lagi. Duh kasian banget deh ni adonan di PHPin sama saya.

Akhirnya hari ini saya sempet-sempetin (sebenernya dari kemarin, jadi proses mencetaknya aja memakan waktu 2 hari karena sambil disambi kerjaan ini itu)

Yang mau nyoba, berikut ini resepnya

PUTRI SALJU

Source : Catatan Nina

Recook & Modified : Eksa Irawaty
Bahan : 

  • 300 gr butter (jangan dicampur margarin ya) >> saya pakai 80% margarin, 20% butter
  • 3 kuning telur 
  • 125 gr gula halus >> saya ga terlalu suka manis, jadi hanya 80gr
  • 400 gr tepung terigu protein sedang 
  • 100 gr maizena 
  • 50 gr susu bubuk (pakai 2 sachet) >> skip, males ke warung beli susu bubuk 
  • 50 gr keju edam parut (bisa pakai parmesan atau cheddar) >> saya pakai 125 gr keju cheddar

Taburan : gula halus gula donat 

Cara Membuat : 

Kocok butter, gula halus dan kuning telur dengan mixer kecepatan rendah selama 1 menit, asal adonan tercampur rata.

Masukkan keju parut, aduk rata.

Masukkan campuran terigu, maizena dan susu bubuk. Aduk rata memakai spatula atau sendok kayu. >> Saya pakai centong nasi plastik

Cetak sesuai selera dan tata di loyang. – Panggang dengan suhu 140’C hingga matang. 

Proses pemanggangan putri salju tidak perlu menunggu hingga berwarna kecoklatan, cukup hingga permukaannya kokoh dan kering serta apabila loyang diketukkan, sudah bisa terlepas berarti putri salju sudah matang. 

Panas-panas gulingkan ke dalam gula halus hingga rata kemudian gulingkan ke dalam gula donat. 

Siap ditata dalam toples 
Notes

  • Apabila menggunakan keju edam, setelah diparut bisa dichopper sehingga teksturnya lebih lembut. Apabila menggunakan keju cheddar setelah diparut, angin-anginkan sebentar. 
  • Menata putri salju agar terlihat cantik dalam toples adalah dengan cara meletakkan di dasar toples kemudian taburi gula donat, tata lagi lapisan selanjutnya dan taburi lagi dengan gula donat. Demikian seterusnya hingga toples penuh. 

Ternyata resep ini enak, tetap renyah bagian dalamnya, padahal saya bikinnya gede-gede. Taburan gulanya ga terlalu banyak karena saya ga suka manis. Begitu mateng langsung dilahap sama Bebe.

Advertisements

One thought on “[RESEP] PUTRI SALJU KEJU

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s