[Resep] Donat Empuk ala Cafe, Tanpa Kentang dan Emulsifier

image

Kemarin si Baba cerita kalo waktu lagi main Bebe minta dibeliin donat, tapi kata Baba “Nanti aja ya Be, minta dibikinin Bubu” senengnya punya suami&bapak dari anak saya yang sadar kesehatan, ga dikit-dikit jajan. Tapi karena kemarin si Bubu rada ga enak badan, jadi baru hari ini dibikininnya (dari semalem search resep yang sesuai sama stok di dapur)

Pagi-pagi seperti biasa kesibukannya bikin sarapan dan bekal makan siang buat Baba, setelah kami sarapan dan Baba berangkat kerja, baru deh mulai nyiapin bahannya.

Tadi si Bubu pake resep Donat Ala Cafe NCC penasaran beneran lembut ga ya, soalnya tanpa kentang dan emulsifier.

Setelah matang emang lembut dan empuk, ga tau yah tahan berapa lama empuknya, tapi dalemnya agak kopong walaupun ga overproofing. Kalo menurut saya agak mirip sama dunkin, kalo jco kan terlalu lembut. Donat ini ga dikasih apa-apa juga udah enak, gurih, tadi sambil goreng saya nyemilin dan egitu matang Bebe langsung minta dikasih topping keju, padahal dia baru aja selesai makan nasi+sayur porsi jumbo, enak katanya. Alhamdulillah.

image

Rencananya sih mau dikasih glaze coklat juga, kalo ga males…kalo males paling dikasih gula donat aja. Kayaknya sih harus maksain, soalnya Bebe suka donatnya di macem-macemin. Bismillah, malesnya jauh-jauh!

Menurut saya yang biasa bikin donat konvensional, resep ini sedikit lebih ribet dibanding yang , soalnya harus bikin biangnya dulu dan didiamkan ±90 menit. Karena jumlah bahannya banyak banget, jadinya cuma bikin setengah resep aja, kan yang makan cuma bertiga. Buat yang belom ngerti, kalo bikin setengah resep artinya semua bahan dibagi 2 atau setengahnya ya. Beneran deh, untung tadi cuma bikin setengah resep, jadinya buanyak banget, itu yang difoto ga semuanya lho, masih ada yang dipenggorengan.

Ok, langsung ke resepnya aja ya…

Donat Ala Kafe
Resep : Ibu Fatmah Bahalwan
Recook : Eksa Irawaty

[Bahan A:]
850 gr tepung terigu protein tinggi/tepung terigu Jepang (saya pake segitiga biru)
30 gr ragi instan
10 gr garam
600 ml air matang (karena ga punya susu bubuk, cairan diganti dengan susu cair)

[Bahan B:]
200 gr tepung terigu protein tinggi/tepung terigu Jepang (saya pake segitiga biru)
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC (skip, gak punya)
125 gr gula pasir
100 gr telur (saya bikin setengah resep, tadi saya timbang 50 gram itu 1 butir telur utuh tanpa kulit ukuran sedang/medium)
125 gr mentega putih/shortening

Cara Membuat:
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
Cara saya: Aduk bahan A (kecuali garam) setelah tercampur, baru garamnya dimasukkan. Karena jika ragi dan garam bertemu, takutnya membuat ragi menjadi tidak aktif.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis, kurang lebih 10 menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.

image

Karena ‘dibantu’ Bebe tahap ini kurang lebih 30-45 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal kurang lebih 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
Tidak punya cetalan donat, jadi saya cetak menggunakan gelas dan sloki untuk minum paracetamol anak.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
Karena punya stok shortening cukup banyak, saya pakai saja untuk menggoreng donat. Panasnya lebih stabil.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

Advertisements

One thought on “[Resep] Donat Empuk ala Cafe, Tanpa Kentang dan Emulsifier

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s