[RESEP] LUMPIA BASAH dan KERING

4

 

Saya suka banget sama yang namanya lumpia, baik yang basah amaupun yang kering. Kalo lumpia basah sih emang jajanan khas di Bandung, tapi lumpia kering ini muncul belakangan. Nah karena saya  yang biasa saya makan ini lumpia versi Bandung, jadi pas dibawain lumpia semarang versi original kok ga cocok ya sama lidah saya, padahal katanya itu lumpia yang paling terkenal di Semarang, ah lidah saya seleranya emang lumpia semarang kw hihihi.

Walaupun suka, tapi saya ga terlalu sering beli lumpia, soalnya menurut kantong ibu-ibu harganya mahal. Satu porsi lumpia basah 7-9 ribu, kalo pake daging ayam bisa lebih mahal. Sedangkan lumpia kering di deket pasar Sarijadi harganya 2500-5 ribu/pcs.

Oke, sebagai ibu-ibu irit pastinya saya akan coba bikin sendiri, dari beberap resep akhirnya saya coba modifikasi, yang kira-kira rasanya sesuai dan bahannya ada dirumah. Untuk isinya resep dari Jidah Farida Yamani sedangkan sausnya resep dari Tannia Wong. Menurut saya rasanya mirip sama yang dijual abang-abang dan suami saya juga suka, dia bilang enak.

5

 

[Resep] Lumpia (basah dan kering) ala Eksa Irawaty

Bahan

Bahan Kulit:
1 bungkus  kulit lumpia siap pakai
Putih telur

Bahan Isi:
5 siung bawang putih, diiris
5 siung bawang merah, diiris
2 butir telur, dikocok lepas
100 gram taoge
1 potong tahu potong2 korek api, goreng setengah matang.
1 sendok teh kecap asin
1/2 sendok makan kecap manis
3/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
3 batang daun bawang
1 sendok makan minyak bawang (baceman bawang) kalo ada
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Bahan Saus
350 ml air
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica bubuk
75 gram gula Jawa, sisir halus
2 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

 

Cara Membuat

Isi

  1. Kocok telur, buat orak arik dadar telur, sisihkan
  2. Tumis bawang merah, bawang putih dan baceman bawang sampai harum
  3. Masukkan tahu, kecap asin, kecap manis, kaldu ayam bubuk, garam, merica bubuk, dan gula pasir, aduk rata, masak sampai meresap, tambahkan orak-arik telur, angkat, dinginkan.
  4. Tambahkan taoge dan daun bawang setelah dingin, agar tidak berair dan menyebabkan kulit mudah robek

 

Saus

  1. Masak semua bahan kecuali tepung kanji hingga mendidih dan gula larut.
  2. Tuangi larutan tepung kanji, aduk hingga kental. Angkat dan dinginkan.

 

Penyelesaian

  1. Ambil kulit, kalau takut robek bisa pakai dua lembar kulit, hasilnya tetap krispy (untuk lumpia kering)
  2. Oles saus.
  3. Beri isi.
  4. Lipat kiri kanan. Untuk lumpia basah sampai tahap ini selesai.
  5. Sedangkan untuk lumpia kering prosesnya masih lanjut, sedikit lagi ya… Gulung kulit lumpia yang telah diberi isi, lalu rekatkan dengan putih telur.
  6. Goreng dalam minyak yang dipanaskan di atas api sedang sampai matang

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s