[RESEP] CEKER MERCON

6

Akhir-akhir ini saya lagi doyan pedes, apalagi sekarang musim hujan, kayaknya pas banget deh, seger-seger gimana gitu.

Dulu saya pernah makan ceker mercon di salah satu rumah makan yang khusus jualan makanan pedas, rasanya lumayan, 1 porsi harganya 8 atau 9 ribu berisi 5 buah ceker kecil-kecil banget dan cuma telapaknya saja. Walaupun rasanya lumayan, tapi sebagai ibu-ibu saya mikir 2 kali kalo harus balik lagi, soalnya saya kan tau harga ceker sekilonya berapa dan disitu cekernya kecil-kecil, setengah dari ceker ukuran normal, seperti ceker anak ayam.

Kebetulan saya pernah save resep ceker merconnya Ibu Irma Marcella dan berhubung ada stok ceker dirumah, ya saya bikin aja. Rasanya seger, tapi karena saya ga berani pake rawit terlalu banyak jadinya agak kurang pedes dan karena ga pake cabe merah besar warnanya jadi kurang cantik. Nanti kalo bikin lagi harus lebih pedes dan pake cabe merah besar.

Ceker Mercon 
Receipe by Irma Marcella
Modified by Eksa Irawaty

 Bahan :

300 gram Ceker Ayam yang telah dibersihkan, rebus sampe empuk (saya presto dengan sedikit jahe yang dikeprek 15 menit)

1 sdt Garam

100 ml Air (saya pake kaldu rebusan ceker)

1/2 sdt Gula

Salam

Sereh

Daun jeruk

lengkuas

 

Bumbu Halus :

7 buah cabe rawit merah yang besar, bisa ditambah jika kurang (saya ga berani banyak-banyak_

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

1/2 sdt merica bubuk

3 buah cabe merah besar. Tadi saya skip karena takut terlalu pedes, harusnya tetep pake biar warnanya cantik.

 

Cara Membuat

  1. Haluskan semua bahan bumbu halus menjadi satu. tumis sampai harum dan masukkan ceker kedalam tumisan bumbu
  2. Tambahkan gula, garam, air kldu, salam, sereh, daun jeruk dan lengkuas
  3. Aduk sampai merata, dan tunggu sampai air menyusut dan bumbu meresap kedalam ceker.
  4. Jika bumbu sudah mengental dan airnya menyusut, hidangkan Ceker Ayam Mercon
Leave a Reply

