Dari sebelum puasa Bebe jagjag waringkas, sampe 2 minggu lalu dia kena cacar air. Emang maunya Bubu dia kena cacar sebelum sekolah, jadi setelah dia 2th kalo ada temennya yang sakit cacar suka sengaja disuruh main bareng, tapi ga pernah ketularan.

3 minggu lalu ada temennya yang sakit cacar, hampir tiap hari mereka main bareng, tapi ga ada tanda-tanda Bebe ketularan. Tapi di weekend itu, dari Jumat sampe Senin Bebe diajak keluar terus, main & jalan-jalan, mungkin karena kurang istirahat staminanya turun, Selasa malam dia demam & muncul 3 bentol di punggungnya. Bubu udah curiga cacar, tapi kata Baba “kayaknya nyamuk Bu” Bubu jawab “Ga ada nyamuk seharian, lagian kalo pun ada nyamuk pasti kaki atau tangannya yang di gigit”

Karena demam Bebe dikasih paracetamol, tapi stesolid sirupnya ga dikasih, soalnya dia ga teler dan keliatan baik-baik aja (kalo ga pegang badannya & ukur suhunya ga bakal ngeh dia sakit, ga mau diem banget)

Rabu pagi udah ga demam, tapi bentolnya makin banyak & ada airnya, ok positif cacar air. Untung hari Seninnya semua sprei udah diganti, untuk menghindari infeksi lain karena lingkungan yang ga bersih. Bebe tetep mandi, keramas & pake sabun, tapi cuma digosok pake tangan, tanpa waslap. Baba nyuruh ke dokter, tapi Bebe ga mau, ya udah ga dipaksa, krn dia emang diajarin baca signal badan sendiri, kalo menurut dia baik-baik aja ya dia ga mau ke dokter)

Kamiz pagi kayaknya badan dia mulai kerasa ga nyaman, pagi-pagi minta ke dokter, diagnosa dikter jyga cacar air. Dikasih acyclovir, vitamin, paracetamol sama bedak salicyl, acyclovirnya ga dikasih krn Bebe cacar, bukan herpes, paracetamol cuma kalo dia demam aja.

Selama Bebe sakit dia “dikarantina” cuma boleh keluar sampe garasi aja, karena ga semua ortu senyantai gw soal sakit cacar. Mandi tetep 2-3 kali sehari, tapi pake air hangat (biasanya dia mandi air dingin) tetep keramas, tetep pake sabun yang biasa (dia pake sabun cair) dan berendem air detol. Berendem di air hangat bikin lebih nyaman kalo lagi demam (kadang muncul demam, tapi ga manteng, lebih sering suhu normal) dan cairan antiseptik biar lebih higienis aja. Baju juga ga dicuci terpisah, cuma pas bilasan terakhir direndem cairan antiseptik. Baju yang dicuci 2 minggu kemarin wangi cairan antiseptik. Kenapa ga dipisah? Bubu sama Baba kan udah pernah cacar jadi ga mungkin nular, biar lebih higienis pake cairan antiseptik, kalo masih kurang yakin, bajunya dijemur di terik matahari musim kemarau yang cihuy banget, kuman juga males nempel.

Minggu pagi (hari ke 4.5 sejak demam) dia dibawa ke UGD RS Advent krn terjun bebas dari kursi, alhamdulillah kepalanya baik-baik aja, dokter yang meriksa bilang cacarnya lagi vase menular, tapi karena ga parah kayaknya beberapa hari lagi sembuh.

Hari ke 10 badannya udah bersih lagi, bekas cacarnya udah lepas.

Ternyata cacar ga sehoror yang Bubu bayangin, anaknya ga rewel, aktif kayak biasa, makan tetep banyak, ga ngeluh sakit, malem juga tidurnya biasa aja. Bener kata dokter, kebersihannya harus dijaga biar ga memicu infeksi sekunder.

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s