[Resep] Sambal Goreng Tempe Udang 2 in 1

Repot ya kalo serumah tapi selera makanannya beda-beda?
Kalo dirumah saya bukan cuma selera yang beda, yang bisa dimakannya beda-beda. Cuma saya yang omnivora, Bebe juga omnivora tapi belom kuat pedes. Nah suami yang makannya ribet, dia ga bisa makan sea food, ikan, ayam dan daging.

Salah satu cara biar saya ga ribet masak beberapa jenis makanan, biasanya ambil 1-2 porsi untuk Bebe, baru dimasukin cabe. Atau saya setelah bumbu moatang baru saya pisah jadi 3 panci, yang ada daging-dagingan tapi pedes buat saya, daging-dagingan ga pedes buat bebe, sayuran tahu/tempe buat suami.

image

Kemarin ceritanya saya mau bikin masakan yang bisa buat semua dengan bahan yang ada dirumah. Pas baca buku resep kebetulan punya semua bahan untuk bikin sambal goreng tempe udang resepnya ibu Sisca Soewitomo, tapi karena Bebe belom bisa makan sambel dan Baba ga makan udang, jadi harus sedikit diakalin

image

.

Sambal goreng tempe udang
(Modified by Eksa Irawaty)
[Bahan]
300 gr tempe (saya 200 gr, adanya cuma segitu)
8 ekor udang sedang, belah punggung (saya pakai ±100 gr udang kupas)
1 buah cabai merah besar, iris tipis serong, goreng (cabe merahnya abis, jadi saya pakai cabai hijau)
500 ml santan dari 1 butir kelapa (saya pakai ±100 gram kelapa parut yang diblender dengan 750 ml air mendidih)
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
1 sdm air asam jawa (saya blender 1 ruas jari asam jawa bersama kelapa parut)
5 sdm kecap manis
3 sdm minyak goreng
garam dan merica secukupnya

[Bumbu Halus]
5 cabai merah besar (saya haluskan terpisah)
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih

Cara Membuat
A. Resep Asli
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus (bawang putih dan bawang merah) hingga harum. Masukkan daun jeruk, serai dan daun salam.
2. Masukkan tempe dan udang, masak hingga udang berubah warna, masukkan air asam jawa, kecap manis, garam, merica dan santan, dididihkan.
3. Masak hingga bumbu merata.

B. Cara Saya
1. Caranya sama aja, tapi karena Bebe belom bisa makan pedes, jadi cabenya dihaluskan belakangan.
2. Setelah semua bahan dimasak, beberapa saat sebelum diangkat siapkan pan (penggorengan) lain, beri minyak goreng 1-2 sendok makan, tumis cabe halus sampai harum, lalu masukkan tempe dan udang kedalam tumisan cabai (sisakan 1-2 porsi untuk Bebe) masak sebentar.

Leave a Reply

