[Resep] My Simple Cinnabun (cinnamon bun) Roll

Saya suka banget cinnamon roll, dulu sih sering beli, harganya lumayan, 8-10rb/potong.

Setelah Bebe ‘ketularan’ suka cinnamon roll juga, si Bubu jadinya sering bikin. Biasanya saya bikin cinnamon roll buat bekal piknik, soalnya simple dan cukup mengenyangkan, jadi kalo di ovem kecium bau kayu manis, Bebe pasti tanya “kita mau piknik kemana Bu?”

Hari ini ga piknik, tapi Bebe keukeuh minta dibuatin cinnamon roll, saya suka pake resepnya Dapoer Ida, karena simple banget.

image

My Simple Cinnabun (cinnamon bun) Roll
Recipe by Dapoer Ida

Bahan:
600 gr tepung protein tinggi (bread flour)
100 gr gula castor (saya pakai gula pasir biasa)
11 gr ragi instant
2 btr telur
1 sdt garam
75 gr mentega suhu ruangan (saya pakai margarin)
250 cc air hangat (saya pakai susu)

Bahan olesan (aduk rata pakai garpu) :
75 gr mentega
225 gr gula palm/brown sugar (saya ga tellrlalu suka manis, jadi cuma pakai ±180 gr gula aren semut)
2 1/2 sdt penuh bubuk kayu manis

Bahan Tambahan (untuk olesan pas keluar oven) :
75 gr mentega (saya pakai margarin)

Cara pembuatan :
1. Tepung, gula, ragi, telur dan air diaduk rata, tambahkan mentega dan garam , uleni sampai kalis diamkan sampai mengembang dua kali ukuran semula.
2. Aduk bahan olesan, ratakan adonan diatas tempat yang rata sampai membentuk segi empat, kemudian olesi bahan olesan secara merata, gulung dan potong-potong
3. Tempatkan potongan adonan diatas loyang, biarkan mengembang dan bakar pada suhu 200°C selama sekitar 15 mnt (tergantung masing-masing oven, saya panggang 20 menit, 5 menit terakhir dengan api atas) setelah matang olesi atasnya dengan mentega (atau margarin)

Note :
1. Sebelum proofing terakhir (yang diatas loyang) saya proofing adonan 2 kali, jadi total 3 kali.proofing (resep asli 2 kali)
2. Proofing adonan diatas rice cooker agar proses lebih cepat, soalnya saya terus ‘diteror’ Bebe, nanyain “udah belom.sih Bu?” Jadi biar aman proofingnya cheat aja.

Leave a Reply

