[RESEP] ROTI TAWAR TANPA TELUR (EGGLESS)

image
Roti Tawar ala Dapur Eksa

Bebe lagi keranjingan roti tawar yang dioles selai kaya (sarikaya) jadi tiap hari dia minta roti (roti itu makanan selingan di sela-sela waktu makan)

Nah karena kemarin rotinya habis dan pas dia minta roti oles, tukang roti udah lewat semua, demi perdamaian dunia si Bubu bikin roti tawar untuk pertama kalinya, kebetulan pernah nyimpen beberapa resep roti tawar.

image
Bebe lagi ngulen adonan, udah cuci tangan lho 🙂

Karena kehabisan telur, saya pake resep  Roti Tawar (judul asli resep: breadline loaf dari breadworld.com) yang diposting Mikha Wirjosapoetro di salah satu grup masak.

Proses pembuatannya cukup mudah, tapi di kasus saya sih rada heboh, soalnya toddler satu itu bersikeras ‘bantuin’ dan ga sabar pengen cepet-cepet makan rotinya. Dari mulai nguleni sampai masuk oven, tiap 5 menit dia tanya “rotinya udah mateng bu?” Dan begitu keluar dari oven langsung minta dimakan, dia keluarin selainya dari kulkas.

Pori-porinya oke, ga terlalu besar
Pori-porinya oke, ga terlalu besar

Menurut saya rasanya enak, lembut (atau karena baru keluar oven) dan pori-porinya tidak terlalu besar, Bebe langsung habis 2 potong, padahal baru selesai makan siang. Karena tidak punya pemotong roti tawar, saya potong dengan pisau kue bagian yang bergerigi.

[Resep] Roti Tawar Eggless  (judul asli resep: breadline loaf dari breadworld.com)
Modified by : Eksa Irawaty
Bahan:
408 – 476 gr terigu cakra (saya pakai 435 gr
2 sdm gula pasir
2 1/4 sdt ragi instan (±6 gram)
1 sdt garam
240 ml air (saya pakai fresh milk Diamond ±290 ml)
2 sdm mentega tawar atau margarine (saya pakai margarine)

Cara membuat:
1 . Cairkan butter (saya margarine) lalu tuang ke 240 ml air.
2. Dalam mangkuk campur 1 cup terigu, gula pasir, ragi instan dan garam lalu masukkan campuran air mentega (margarine) secara bertahap ke campuran terigu. Kocok 2 menit (saya pakai hand mixer philips pakai kocokan spiral) kecepatan sedang.
3. Lalu masukkan sisa terigu, kocok lagi sampai menjadi adonan yang halus/setengah kalis.
4. Kemudian uleni di atas permukaan yg ditaburi sedikit terigu sampai kalis dan elastis, sekitar 8-10 menit (ini waktu dan tangannya orang barat ya, kalo saya ±30 menit karena sambil dibantuin Bebe)
5 . Olesi mangkuk dengan minyak, masukkan adonan ke dalam mangkuk sambil adonan diputari agar seluruh permukaan adonan kena dengan minyak. Tutup dengan plastic wrap. Diamkan 10 menit.
6 . Kempiskan adonan. Gilas bentuk kotak. Gulung sambil dirapatkan dengan cara dicubit. Lalu masukkan ke dalam loyang 24x10x7 cm (saya pake loyang 12 x 23 x 6.5 cm yang dioles margarin) yg sudah diolesi mentega. Tutup dengan plasitk wrap. Diamkan sampai mengembang 2 kali dari ukuran semula, sekitar 45 menit.
6. Panggang dalam oven bersuhu 190c selama 30-35 menit. Keluarkan dari loyang. Olesi permukaan rotinya dengan mentega cair (saya margarin cair)
7. Dinginkan diatas rak kawat.

PhotoGrid_1440484266495

Note :
1. Kerena resep aslinya tidak menggunakan susu, sangat disarankan menggunakan mentega, jadi kandungan susu didapat dari mentega.
2. Kalau tidak ada mentega, airnya bisa diganti susu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s