[Resep] Cireng Kampung ala Dapur Eksa

Kenapa ya namanya kampung? Soalnya sekarang cireng udah banyak banget variannya, ada yang pake tepung terigu, tepung panir dan telur. Nah yang ini sih versi cireng original di kampung saya, dari beberapa resep ini yang paling saya suka.

Karena saya ini tipe ibu-ibu yang rela repot demi bikin makanan kesukaan buat keluarga. Dari pertama bikin cireng, saya pake resep yang pake biang, katanya krispi gitu deh, hasilnya menurut saya keras banget kalo udah dingin. Resep selanjutnya yang saya bikin cireng krispi yang dibalut putih telur dan tepung panir, cirengnya sendiri pake resep sebelumnya, makin banyak aja cucian piring dan menurut saya ga ekonomis.

Beberapa minggu lalu bebe nagih pengen ke pasar Ciroyom, soalnya dia punya kebiasaan makan cireng dan susu hangat dipinggir rel kereta selama nunggu saya belanja, tapi karena bangunnya siang terus, batal deh kepasarnya.

Daripada dia pundung saya bilang “nanti bubu bikin cireng sama susu angeet yah?” Dia happy

Karena males banyak cucian, saya memutuskan bikin cireng kampung, cuma aci (tapioka) yang disiram pake air mendidih, semua takarannya kira-kira aja.

Cireng Kampung by Dapur Eksa
Cireng Kampung by Dapur Eksa Dapur 

Cireng Kampung by Eksa Irawaty

Bahan :

250 gr aci (tepung tapioka) sisakan sedikit untuk taburan

2-3 siung bawang putih, haluskan, tumis.

2 batang daun bawang, iris halus.

Air mendidih secukupnya

Garam dan merica secukupnya

Pelengkap : sambal kacang, sambal terasi, sambal rujak, cabe rawit, bebas lah sesuai selera.

Cara Membuatnya”
1. Campur rata semua bahan kecuali air.

2. Tuang air mendidih kedlam campuran aci sedikit demi sedikit, sambil diaduk yah. hentikan penambahan air jika adonn sudah bis dibentuk.

3. Taburi tangan dengan aci, ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bulat pipih. Lakukan sampai adonan habis.upaya tidak melekat satu sama lain, taburi setiap lembar adonan dengan aci.
5 . Panaskan minyak goreng agak banyak. Setelah panas, ambil sebuah adonan, tekan-tekan/cubit-cubit pinggirnya sampai tipis. Masukkan dalam minyak panas dan goreng menggunakan api agak kecil sampai matang dan sedikit kering. Angkat dan tiriskan.

6. Sajikan hangat bersama pelengkap.

3 thoughts on “[Resep] Cireng Kampung ala Dapur Eksa

Leave a Reply

