[ RESEP] SAMBAL TERASI MATANG ala BUBU ECHA

BAHAN:
100 gr cabe keriting
50 gr cabe rawit besar (itu lho yang rasanya pedes banget)
150 gr bawang merah
50 gr bawang putih
2 tomat merah ukuran sedang
2.5 bungkus terasi ABC, bakar
50 gr gula merah (saya pake gula kawung, rasa manisnya enak dan lebih wangi)
Minyak untuk menggoreng

BUMBU:
Garam sesuai selera
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula pasir
1 sdt bubuk kepala dan ekor udang (optional, saya bikin sendiri buat penyedap)

REMPAH:
6 lembar daun salam
6 lembar daun jeruk, sobek-sobek
4 batang sereh, memarkan
2 jempol kaki kencur
2.5 jempol kaki laos (orang sunda bilang laja) memarkan

CARA MEMBUAT:
1. Panaskan minyak, goreng bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit, kalo udah setengah matang masukkan tomat. Angkat, tiriskan.
2. Ulek semua bahan dan kencur, tingkat kehalusannya sesuai selera aja.
3. Goreng lagi dengan sisa minyak tadi, tambahkan rempah dan bumbu sampai berwarna gelap dan minyak menyusut (sampe kering, tapi ga kayak kerupuk yah)
4. Masukkan dalam wadah tertutup rapat, simpan di kulkas. Kalo saya dapet 2 jar gini yang 1 masuk freezer biar tahan lama, 1 lagi di chiller. Kalo disimpan di chiller, hangatkan seminggu sekali.

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s