Akhirnya bayinya si bubu tumbang, setelah melalui beberapa fase temen/sodaranya sakit dan dia tetep jagjag waringkas.

Dari kemarin batuk pilek, idungnya meler, matanya berair, dan hari ini ditambah bonus demam. Lemes? Oh tentu tidak! Dia tetep cerewet, nyanyi-nyanyi, jumpalitan, main air, minta jalan-jalan, lanjut main ke rumah eyang.

Karena Sariwangi hujan terus jadi lagi dingin banget, nafasnya agak terganggu gara-gara lendir, akhirnya malem ini si bayi harus di uap. Bukan di uap pake nebu di RS, tapi cuma terapi uap ruangan (TUR) pake rice cooker. Kalo browse soal TUR biasanya pake baskom yang diisi air panas+minyak kayu putih, trus kepala si anak dideketin ke atas baskom biar menghirup uapnya, maksudnya buat mengencerkan lendir. Tapi menurut si bubu rada kurang praktis, soalnya air panas di baskom kan paling juga 10 menit udah dingin, apalagi di Sariwangi. Selain itu, si bayi gak bakal mau nungging di deket baskom air panas, pasti dia bilang “Bahaya bu, jangan deket air panas!” Nah loh, pan si Bubu sendiri yang ngajarin jangan deket air panas :p

Jadi yang paling efektif itu TUR sambil tidur, caranya nyalain rice cooker (posisi ‘cook’) yang udah diisi air mendiih+minyak kayu putih, sauna deh tuh di kamar. Emang sih jadinya hareudang, apalagi tidur bertiga, tapi demi si bayi ga apa-apa deh…
Biasanya TURnya ga semaleman, sebutuhnya aja. Misal udah 3 jam nafasnya si bayi mulai nyaman dan udah kerasa ‘hareudang’ banget ya dimatiin dulu, nanti kalo kedengeran grok-grok baru dinyalain lagi.

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s