[Resep] Mpek Mpek Tanpa Ikan dan Cireng Isi Keju

Rencananya weekend ini pengen ke pasar beli ikan tenggiri biar bisa bikin mpek mpek. Karena di bukunya Bu Sisca yang setebel kamus Oxford ga ada resep mpek mpek, jadilah saya berburu resep di internet.

Ternyata resepnya banyak banget versinya, sampe saya bingung sendiri mau pilih yang mana, ikannya juga ga cuma tenggiri, ada yang pake ikan gabus, pake ebi, malah ada resep mpek mpek tanpa ikan. Dari resep-resep itu beberapa komentar bikin saya drop, soalnya katanya ada yang adonannya ga jadi (nah lho, susah berarti bikinnya)

Akhirnya saya pilih resep pempek DOS tanpa ikan, dengan pertimbangan:
1. Bahannya ada dirumah (lagi musim ujan, males keluar rumah)
2. Kalo pake ikan repot bersihin&halusin dagingnya, takutnya udah repot2 eh adonannya gagal
3. Mau belajar bikin adonannya dulu, kalo bikin yang versi ekonomis ga sakit hati kalo gagal.
4. Katanya walaupun tanpa ikan tetep enak, empuk, lembut dan gurih.

Karena baru percobaan, jadi saya bikin 1/2 dari resep aslinya.

image

Bahan A (adonan biang):

125 gram tepung terigu

250 ml air

Bahan B:

500 gram tepung tapioka alias tepung singkong (beli Rp. 4.000 di warung)

1 butir telur, kocok

garam secukupnya
penyedap (optional)
Air untuk merebus
Sedikit minyak

Isi:
Telur kocok

Cara Membuat:
1. Campur bahan a, masak sampai menjadi bubur, matikan kompor.
2. Setelah bahan a cukup dingin (cukup sampai hilang uapnya) campurkan telur yg telah dikocok, lalu masukan tepung sagu, aduk aduk hingga merata, beri garam dan penyedap rasa.
3. Panaskan air rebusan tambahkan sedikit minyak goreng agar mpek mpek tidak saling menempel.
4. Sambil menunggu air mendidih, bulatkan adonan, beri lubang ditengahnya, isi dengan 2 sendok makan telur kocok atau telur utuh (sesuai selera) lalu rapatkan kembali adonan dengan cara ditekan-tekan seperti membuat pastel. Setelah adonan selesai dibentuk, rebus mpek mpeknya hingga mengapung dan keras jika ditekan (artinya bagian isi sudah matang)
5. Setelah mpek mpek mengapung dan keras, angkat, tiriskan.

Ternyata setelah saya coba bikin teksturnya memang empuk dan lembut, tapi karena ga pake ikan rasanya lebih mirip cireng isi telur-sama sekali tidak gurih,  nah biar rasanya kayak mpek mpek musti pake kuah cuka. Untuk kuah cukanya saya pilih resep yang ada disini karena dari penjabarannya aja udah kebayang enak, dan pas saya coba ternyata enak, seger, nanto juga sependapat.

Saya bikin kuah cukanya sekitar 10% dari resep aslinya, soalnya kalo bikin kuah cuka dari 1 kg gula kayaknya banyak banget. Oke saya ngaku, sebenernya saya pake saus gula merah sisa bubur sumsum lalu ditambah ulekan bawang putih dan cabe rawit. Kira2 seperti ini bahan2nya…

Bahan:
100-150 gram gula merah
1/2 gandu bawang putih ukuran sedang (kira-kira 5-6 siung) jangan dikupas kulitnya
20-25 buah cabe rawit hijau (atau sesuai selera) jangan dibuang tangkainya
100 ml air
1 sdm cuka
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Didihkan gula bersama air, setelah gula larut masukkan bawang putih dan cabe rawit yang sudah dihauskan, lalu masukkan garam dan cuka.
2. Cobain, kalau terlalu pedes tambah gula, kalo kurang asem tambah cuka, kalo kurang asin tambah garem. Pokoknya sampe rasanya PAS, sesuai selera aja.
3. Kalo rasanya udah pas, angkat, saring, sisihkan.

Beneran, setelah mpek mpeknya digoreng dan ditambah kuah cuka, rasanya jadi lebih mirip mpek mpek, nanto bilang keberhasilan saya bikin mpek mpek perdana ini 90% karena kuahnya enak dan seger, teksturnya empuk dan lembut, adonannya mateng sampe dalem, dan mengembang pas digoreng, kekurangan 10%nya karena ga ada rasa ikannya.

CIRENG ISI KEJU
Setelah adonan mpek mpek direbus dan goreng (belum bikin kuahnya), pas saya coba ‘kok rasanya lebih mirip cireng yah?’ Langsung drop deh saya…

image

Akhirnya saya putuskan bikin cireng isi keju aja pake 1/2 adonan mpek mpeknya. Awalnya saya bikin cireng yang cantik pake cetakan bentuk hati, tapi baru dapet 2 biji langsung ga sabar, akhirnya bikin yang bentuknya sama kayak mpek mpek. Adonan dipipihkan bentuk bulat, isi dengan keju parut, lipat 2, pencet-pencet pinggirnya. Saya masukin ke wadah yang ada tutupnya, baru digoreng pas mau dimakan.
Nanto sama bebe suka, mereka lahap banget. Kemarin sore saya bikin mpek mpek dan cireng, siang ini semua udah habis 🙂 Lebih enak lagi kalo adonan cirengnya ditambah irisan daun bawang dan seledri yang diiris halus, kemarin rada riweuh sama Bebe jadi ga sempat, next time deh!

Leave a Reply

