[Resep] kering kentang – mustofa

Pertama kali tau makanan ini waktu kelas 1 SMA, ibu kost suka masak ini, katanya namanya mustofa. Sempet browsing resep tapi ga pernah pede, udah gitu males motong-motong segede korek api.

Beberapa minggu lalu ada yang jual parutan serba guna di gasibu, katanya bisa buat bikin kering kentang juga, karena harganya juga cuma 10 ribu ya dibeli aja.

Akhirnya saya berani bikin kering kentang, bikinnya gampang banget, tapi saya ga pake teri dan kacang, soalnya nanto ga makan teri dan saya selalu lupa beli kacang hehehe…
image

Saya bagi resep asli dari bukunya Bu Sisca yah

Bahan:
500 gr kentang
50 gr teri asin goreng (saya ga pakr teri soalnya nanto ga makan ikan)
Minyak secukupnya untuk menggoreng (saya pake 500 ml biar gorengnya cepet, tapi nyisa sih)
1 sdm cuka masak
50 ml air (jgn lebih, nanti kentangnya benyek)
2 lembar daun jeruk (saya pake 3-4 lembar
2 cm lengkuas, keprek (ga ada di resep jadi opsional aja)

Bumbu yang dihaluskan:
5 buah cabe merah besar
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri (sangrai)
50 gram gula pasir
1 sdt garam (sesuai selera)

Cara membuat:
1. Kupas kentang, cuci bersih (kalo ga dikupas cucinya disikat biar bersih dari tanah), tiriskan serut pipih halus dan rendam dalam air.
2. Panaskan minyak, goreng kentang hingga kering, angkat dan tiriskan (sesekali diaduk pelan biar tetep puyar, tapi jangan terlalu semangat ngaduknya soalnya bisa hancur).
3. Siapkan wajan, taruh bumbu halus, daun jeruk, air, dan cuka masak, aduk rata. Masak hingga bumbu harum dan gula menjadu karamel (kental), masukkan kentang goreng, aduk rata. Tambahkan teri goreng, aduk rata.
4. Simpan dalam stoples kedap udara.

Leave a Reply

