[Resep] Bubur Sumsum

Image

Gara-gara suka dibeliin bubur sumsum + candil di Yu Nap, jadi ketagihan dan akhirnya pengen bikin sendiri. Browsing sana sini akhirnya buku resepnya Bu Sisca yang terpilih, tapi dengan sedikit modifilkasi. Seminggu ini udah 3 kali saya bikin bubur sumsum, soalnya bebe suka dan dia bilang enak. Percobaan pertama pake resep standar hasilnya lumayan tapi agak menggumpal, yang kedua saya coba daun pandannya di blender jadi warnanya hijau muda (tapi masih agak menggumpal), yang ketiga paling sukses dan teksturnya lembut mendekati Yu Nap (soalnya pake panci yang pantatnya tebel. Nih say.a kasih resepnya yah…

Image

Bahan:

  • 250gr tepung beras (saya pake rose brand)
  • 4 bungkus santan instant (atau beli kelapa parut Rp 4.000,-)
  • 2500ml air
  • 4 lembar daun pandan (biar wangi)
  • Vanili dan garam secukupnya

 

Air Gula

  • 500gr gula merah, sisir
  • 250ml air
  • 4 lembar daun pandan, sobek-sobek

 

Cara Membuat

  1. Campur air dengan santan instant (kalo pake kelapa parut, buat santan seperti biasa
  2. Aduk tepung beras dan sisa santan, sisihkan
  3. Campur 800ml santan, daun pandan, garam dan bubuk vanili, masak diatas api kecil sambil sesekali diaduk, setelah mendidih masukkan larutan tepung beras, aduk terus sampai meletup-letup dan mengental , angkat
  4. Rebus air dan gula hingga mengental, angkat, saring.

 Note:

  • Sebelumnya saya masak buburnya pake panci tipis yang biasa buat bikin mie, hasilnya bubur agak bergumpal. Tadi saya coba pake panci yang tebel, emang sih masaknya jadi lebih lama tapi hasilnya jauh lebih lembut karena hantaran panasnya perlahan. Kalo pake panci tipis, begitu larutan tepung berasnya masuk ke santan langsung mengental, tapi kalo pake panci yang tebel kentalnya lebih lama.
  • Waktu masukin larutan tepung beras ke santan kalo bisa sambil disaring, biar hasilnya lebih lembut
  • Saat merebus air gula saya bingung soalnya ga kentel-kentel, eh ternyata kalo udah dingin baru keliatan kentelnya. Kira-kira 15 sampe 20 menit setelah gulanya larut semua, angkat deh.
  • Hasil resep gulanya buanyak banget, saya udah bikin bubur sumsum dari 500gr tepung beras, gulanya masih ga abis-abis.

Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s