SAAT BEBE PATAH HATI BERPISAH DARI NYONYON (DOT) – NYA

Bebe itu dari lahir udah minum ASIP dari dot, walaupun dilema sih karna hasil browsing sana sini efek dot katanya jelek banget, tapi saat itu bebe kan dititip di Subang, si mamah ga bisa ngasih ASIP selain pake dot. Waktu bebe 10 bulan sempet berhasil disapih dari dotnya, walaupun baru siang aja, eh pas pulang kampung semua pejuangan runtuh gara-gara  si mamah ga tega denger bebe nangis minta ngedot.

2012-08-01 19.12.30

Sejak akhir september bebe udah ga minum ASIP lagi, soalnya setelah gw dirawat di RS selama 7 hari, ASInya ga keluar lagi, jadilah bebe hampir S3 ASI (21 bulan), setelah itu dia tetep dot isi air putih kalo mau tidur (bebe udah bisa minum pake gelas sejak 4 bulan, tapi kalo mau tidur selalu minta dot)

29 Oktober

Akhirnya gw bertekad nyapih si bebe dari dotnya, udah ga betah liat dia ngedot, lagian ribet juga tiap hari nyuci botol dot yang partnya lumayan banyak. Siang itu tiap bebe minta nyonyon (dot) gw jawab “Bebe kan udah gede, sebentar lagi 2 tahun. Anak soleh, anak cerdas, anak pinter, kan udah mau sekolah, nanti kalo masih ngedot temen-temennya bilang malu malu malu.” Denger kata-kata gw dia kayak yang ngerti, lanjut main lagi, ga pake nangis/ngamuk.

2012-09-01 07.36.57

Walaupun dia ga ngamuk/nangis, tapi seharian dia agak beda, kayak yang patah hati, melow gitu deh, trus dia ambil hp gw, bilang “uwa, telpon” gw jawab “kita tinggalin voice note aja yah, soalnya uwa lagi kerja”   Dia pun akhirnya ninggalin voice note buat uwa Ani, merengek minta jalan-jalan, pake mobil (hadeuh aya aya wae)

Malemnya sebelum tidur gw bilang lagi ke bebe “Bebe mulai malem ini ga nyonyon lagi yah, kalo nanti bebe haus kita duduk dulu, minum dibotol pake sedotan oke? Kan Bebe udah gede, sebentar lagi 2 tahun. Anak soleh, anak cerdas, anak pinter, kan udah mau sekolah, nanti kalo masih ngedot temen-temennya bilang malu malu malu.” Malem itu ga sehoror bayangan gw sih, kirain dia bakal nangis jerit-jerit semaleman, ternyata nangisnya cuma sekali kurleb 15 menit. Tapi nangisnya mendayu-dayu, sediiih banget, sampe gw hampir nyerah ngasih dot buat dia.

 

30 Oktober

Bebe bangun jam 04.30, biasanya jam 8 atau 9 dia udah tidur lagi, tapi kayaknya sih gara-gara ga ngedot jadinya dia baru tidur jam 11 bangun jam 14, lumayan lama coz biasanya tidur siangnya 1-2 jam aja.  Sorenya uwa jemput, dia happy di singgasananya (car seat) eh malah tidur nyenyak sepanjang jalan dan  ga mau turun setelah nyampe rumah. Pas kebangun tengah  malem dia cuma ngerengek aja, dikasih minum trus tidur lagi (progres dibanding malem pertama)

 

31 Oktober

Tidur siangnya bebe panjang juga, kurleb 3 jam. Dipikir-pikir mending ga ngedot yah, si bebe tidurnya lebih nyenyak coz dikit-dikit ga ngompol. Sorenya ketemu uwa lagi dan tiap uwa mau pulang dia sedih, mau ikut, pokoknya ni anak jadi ga mau ditinggal. Malemnya cukup tenang, tetep sekali nangisnya, tapi makin sebentar.

 

1 November

Pagi-pagi uwa ngajakin ke tempat kerjanya di LSM yang ngajar anak-anak baca tulis, bebe seneng soalnya disana banyak mainan. Tapi jam 15 dia udah mulai kisruh, ngajak uwa pergi terus, padahal uwa baru bisa pulang jam 16. Mungkin karena tempatnya cukup asing buat dia, jadinya bebe ga tidur siang dia baru bisa tidur di mobil setelah uwa selesai kerja.

Malemnya agak kaget, soalnya dia nangis cukup lama. Aaahhh ternyata progresnya masih nak turun.

 

2 November

Bebe bangun jam 6, jam 10 gw ajak dia ke toko mainan, dia tidur dijalan. Tadinya gw pikir dia g bakal tidur siang lagi, ternyata jam 14 gw ajakin masuk kamar, dia dan Nanto langsung ngorok dan baru bangun jam 17.

Mudah-mudahan malem ini dia nyenyak tidurnya dan tanpa huru hara.

 

3 November

Senangnyaaa semalem bebe ga rewel sama sekali, bangunnya juga siang, jam 6.30! Bye bye nyonyon…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s