[RESEP] Singkong Keju Meletus

siap dilahap

Ceritanya dapet singkong sama pisang raja dari tetangga sebelah, pisang sih gampang tinggal dibikin pisang goreng, tapi singkong enaknya diapain yah? Kalo cuma digoreng gitu aja kayaknya kurang yahud.

Saya inget, waktu jaman pacaran suka beli singkong meletus, nanto juga doyan. Oke mulai berburu resepnya, nanya ke om google ah…

Setelah dapet resepnya, langsung eksperimen (dibantu bebe pastinya)

Bahan:
1kg singkong (tadi sih ga tau berapa kilo, lupa ditimbang dulu, pokoknya ada 3 buah cukup besar)

2013-07-29 12.12.55

Bumbu halus:
* 3 siung bawang putih (saya pake 6, biar kerasa gurih)
* Ketumbar jika suka (saya sih suka, jadi tadi pake 1-2 sendok teh)
* 2 sendok makan garam (kira-kira aja * deh, kalo suka asin ya banyakin)
* Air secukupnya untuk rendaman

2013-07-29 12.41.33
bumbunya minimalis

Cara membuat:
1. Kupas singkong, potong-potong (tadi saya motongnya sepanjang kira-kira 2 ruas jari) cuci bersih.
2. Goreng singkong hingga matang (ga usah sampe coklat banget, kan nanti juga digoreng lagi)
3. Setelah matang, langsung masukkan singkong kedalam air rendaman yang sudah diberi bumbu halus hingga singkong merekah (punya saya sih begitu masuk air langsung merekah, tapi ga langsung digoreng lagi, saya biarkan 2-3 jam agar bumbu meresap)
4. Setelah bumbu meresap, tiriskan singkongnya, goreng lagi deh sebentar.
5. Selamat mencoba 🙂

2013-07-29 14.46.49
ini singkong yang udah direndem air bumbu

Ternyata rasanya enak, gurih, bikinnya juga gampang, padahal kalo beli harganya lumayan lho. Saya ga langsung goreng semua, dikit-dikit aja biar enak dimakan panas, jadi sisanya bisa disimpan.

Advertisements

6 thoughts on “[RESEP] Singkong Keju Meletus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s