Tang Ting Tung

Iseng-iseng ngobrol sama nanto “bener ga sih keputusan kita ambil rumah?” Ada yang bilang maksain, terlalu mahal dll.

Oke, kita kalkulasi yah…
Kita ambil rumah di daerah sariwangi, alesannya:
1. Nanto pengen yang deket rumah papah
2. Daerah atas, kemungkinan air tanahnya bagus (hasil dari tanya2 sama temennya nanto yang rumahnya di Sariwangi juga)
3. Strategis, deket ke Cimahi, Setiabudi, Pasteur, Maranatha (asal ada kendaraan sendiri, soalnya ga ada transportasi umum sampe komplek)
4. Tempat terdekat dr kota Bandung yang kita mampu (kalo tengah kota ga cukup 500jt kali ye?)
5. Deket tempat kerja Nanto (dulu saya kerja di daerah Buah Batu, ga tertarik tinggal di daerah sana)

Tahun 2010 harga rumah 22/87 (maksudnya luas bangunan 22m, tanah 87m) ±224jt (kalo ga salah), DPnya 20%, biaya notaris dan akad kredit ±6,5jt, biaya lain2 selama pembangunan ±2-3jt, itung sendiri deh tuh!

Waktu memutuskan beli rumah bener2 keputusan berdua, mulai dari lokasi sampe akhirnya DP, keluarga sama sekali ga dilibatkan (padahal waktu itu masih pacaran), mereka baru tau setelah proses bank berjalan.

Reaksinya? Macem2, ada yang senang, mendukung, ada juga yang mencibir. Yang mendukung bilang “rumah kan investasi yang bagus, ga bakal rugi.” Yang ga mendukung bilangnya “Masih pacaran kok beli rumah, kalo putus gimana?” Ya sudah lah, DPnya juga udah masuk, kalo dibatalin emang mau gantiin uangnya kalo hangus?

Karena developernya agak bermasalah (atitudenya) akhirnya proses akad kredit sama bank baru bisa dilaksanakan 31 April 2011.

Karena sekarang saya jadi ibu rumah tangga yang ga punya gaji bulanan, otomatis Nanto yang menanggung semua beban keuangan, termasuk KPR atas nama saya, sempet terbersit “Bener ga ya keputusan ambil KPR 2 tahun lalu?”

Saya ambil kalkulator, sama corat coretan,
DP+akad kredit+biaya lain2 = ±55jt
Cicilan tahun pertama 12*1,8jt = 21,6jt
Cicilan bln 13 (sempet naik gila2an) 2,35jt
Cicilan tahun ke 2 11*2,2jt = 24,2jt
Jadi kalo saya dan nanto ga ambil rumah tapi uangnya tetep dikumpulin, ada dana sekitar 103jt.

Wah banyak yah 103jt, knp ga ambil rumahnya sekarang aja? Nanti dulu, yuk kita itung lagi…
Dana terkumpul 103jt(saya sih ga yakin kl waktu itu ga ambil rumah sampe terkumpul uang segini, pasti kurang), harga rumah saat ini ±350jt.
350-103=247 » KPR 247jt cicilan KPRnya brp ya?

Sampe saat ini sih menurut saya ambil KPR keputusan yang tepat, daripada bayar 1jt/bln buat ngontrak, mending 2jt jelas nyicil rumah sendiri. Tinggal di rumah ortu atau mertua juga kalo ga kepepeeeet banget mending jangan deh, demi menjaga hubungan baik, tapi itu menurut saya lho…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s